Auto Sync
Kondisi sebelumnya, salesman harus menekan tombol sync master data ataupun transaksi untuk melakukan sinkronisasi data di SFA. Untuk menghindari salesman lupa melakukan sinkronisasi data, saat ini SFA merilis fitur terbaru yaitu Auto Sync. Yang mana SFA akan otomatis melakukan sinkronisasi master data maupun transaksi sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengatur interval waktunya setiap 15 menit sampai 120 menit.
Fitur ini bisa Anda coba di Google Play Store dengan versi aplikasi 2.8.0 Akan tetapi fitur ini masih di Google Play Store Beta.
Mengapa masih dalam format Beta?
Karena masih ada beberapa fitur yang belum berjalan sesuai dengan yang direncanakan diawal. Contohnya, Auto Sync belum dapat berjalan jika aplikasi dalam kondisi tertutup.
Akan tetapi beberapa fitur sudah dapat digunakan, seperti yg dijelasakan pada bagian mekanisme di bawah ini :
MEKANISME :
  • Auto sync dapat berjalan selama aplikasi dalam keadaan terbuka, maka Auto Sync akan berjalan dalam interval waktu yang telah di atur (default 15 menit).
  • Auto sync tidak dapat berjalan ketika aplikasi tertutup dari recent app atau task manager dan ketika jaringan tidak diaktifkan. Auto Sync akan berjalan kembali setelah jaringan diaktifkan.
  • Contoh Auto Sync (interval 15 menit). Misal: Waktu saat ini adalah 12.00, dan periode auto sync diatur interval 15 menit, maka mekanismenya sebagai berikut : Periode-1: 12.00 → Periode-2: 12.15 → Periode-3: 12.30 → dan seterusnya.
  • Periode Auto Sync akan ter-reset atau ter-ulang ketika Anda membuka aplikasi dari awal. Yang dimaksud dari awal adalah saat ini aplikasi sudah tidak ada di recent apps/task manager dan ketika membuka aplikasi, muncul splash screen. Yang berarti, secara otomatis, Auto Sync akan berjalan dan periode auto sync ter-reset dengan patokan waktu saat aplikasi dibuka kembali.
  • Auto sync berjalan di belakang layar. Dikarenakan proses sync berjalan di belakang layar, maka segala perubahan data (misal : dashboard), tidak terubah secara langsung. Perlu dilakukan refresh halaman tersebut dengan berpindah ke halaman lain terlebih dahulu (misal : membuka halaman order, lalu menutupnya). Setelah proses refresh selesai, maka data tersebut adalah data yang terbaru.
DESKRIPSI PEMAKAIAN :
Aktifkan terlebih dahulu fitur Auto Sync di settings dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini :
  1. 1.
    Masuk ke aplikasi Sales Force Automation (SFA), pilih menu Profil
2. Pilih menu Settings yang ada di pojok kiri atas
3. Silakan aktifkan toogle Auto Sync untuk mengaktifkan fitur Auto Sync
4. Jika toogle sudah aktif, akan muncul beberapa pilihan interval waktu, mulai dari 15 menit hingga 120 menit. Silakan Anda atur dengan cara menggeser skala interval sesuai dengan interval waktu yang Anda inginkan
NOTE :
  • Setelah aktif, Auto Sync akan berjalan setiap aplikasi dibuka sejak awal.
  • Jika menggunakan device Oppo, Vivo, atau Xiaomi, aktifkan terlebih dahulu fitur auto-start aplikasi ini di menu settings. Agar Auto Sync berjalan ketika aplikasi ini tidak dimatikan total.
  • Usahakan untuk menonaktifkan fitur battery saver pada device. Tujuannya adalah agar AutoSync dapat berjalan di belakang layar.
KETERBATASAN :
  • Auto Sync tidak dapat berjalan di belakang layar ketika aplikasi dihapus dari task manager.
  • AutoSync tidak dapat berjalan ketika jaringan dinonaktifkan, akan hidup kembali setelah jaringan diaktifkan.
CARA MENGGUNAKAN APLIKASI BETA SFA
  1. 1.
    Cari dan pilih aplikasi SimpliDOTS Sales Force Automation (SFA) di Google Play Store. Lalu bergabung ke Beta Feature dengan cara pilih opsi Join yang ada di pojok kiri bawah
2. Jika Anda sudah memilih opsi Join/Gabung dari proses sebelumnya, akan muncul tampilan seperti berikut :
3. Tunggu 15-30 menit hingga tampilan berubah. Namun jika dalam waktu 15-30 menit tampilan tidak berubah, silakan tutup terlebih dahulu aplikasi Google Play Store Anda dan masuk kembali
4. Setelah tampilan di device anda sudah berubah seperti gambar di bawah ini, maka fitur Beta sudah bisa di download atau digunakan
Selamat mencoba, Kawan Simpli :)
Last modified 2mo ago
Copy link